Sejarah V60
Sejarah V-60
Perusahaan
pencipta pour over 60 merupakan produsen barang pecah belah yang berbasis di
jepang.Perusahaan ini mulai beroprasi tahun 1921 saat mereka meluncurkan
operasi di Kanda, Tokyo. Tidak jauh dari Universitas Tokyo pada saat ini.Ketika
pertama kali di buka, Perusahaan ini hanya berpokus pada produksi peralatan
gelas serta peralatan tahan panas lainnya.
Setelah hampir
30 tahun, perusahaan pun mulai memperluas lini produk mereka, termasuk
peralatan dapur. Langkah ini mengarah pada pengembangan peralatan kopi. Setelah
beberapa tahun, perusahaan kemudian membuat prototipe pertama dripper kopi V60.
Produk inovatif ini mencoba memecahkan masalah umum saat itu, yakni sifat
kompleks metode pembuatan kopi selama akhir 1950-an.
Percobaan Pertama V60
Ketika perusahaan bereksperimen dengan corong kaca
berbentuk kerucut untuk membuat minuman yang dibuat dengan cara dituang,
filter cone (kerucut) pun lahir. Filter ini kemudian dirilis
ke pasar untuk penjualan komersial pada tahun 1980.
Namun, filter
tersebut hanyalah upaya awal untuk menghadirkan peralatan kopi. Seiring
berjalannya waktu, V60 Dripper tetap menjadi prototipe, sampai perusahaan
memutuskan untuk meninjau kembali desainnya pada tahun 2004. Nama V60 Dripper
sendiri diambil dari sudut 60 derajat yang diciptakan oleh bentuk kerucut.
Dominasi V60
Di Industri Kopi
Perubahan desain yang diterapkan pada V60 memberinya dua
keunggulan berbeda. Pertama, pembuatan kopi berhasil mendekati teknik ekstraksi
Nel Drip. Kedua, Hario V60 mampu menghasilkan rasa yang dingin dan bersih,
berdasarkan kecepatan menuangkan air.
Dengan perubahan kecil yang efisien pada desain aslinya setelah 60
tahun, V60 mampu memenangkan persaingan kopi.
V60 diketahui oleh banyak orang pertama kalinya di Seattle, Washington.
Seattle sendiri merupakan salah kota di Amerika Serikat yang erat hubungannya
dengan sejarah kopi modern.
Sebagian besar pembuat dan pencinta kopi pada saat itu menemukan
ikatan tertentu dengan V60 dan metode pembuatan kopinya. Menuangkan secangkir
kopi kepada pelanggan adalah sesuatu yang intim dan ritualistik.
Segera setelah itu, berita tentang V60 menyebar dengan cepat dan
desainnya mulai bergerak ke gaya dan bentuk baru. Keramik berwarna dan kaca
bening, terinspirasi pop dan minimalis, V60 mendapatkan popularitas dan
menyebar dalam berbagai penampilan. Singkatnya, Anda bisa menemukan V60 di
hampir semua kombinasi warna. Beberapa bahkan sampai memproduksi Pour Over V60
sesuai keinginan di mana hal ini berlaku untuk orang kaya dan terkenal di masyarakat.
Komentar
Posting Komentar